Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepulauan Riau memberikan gelar kehormatan kepada Gubernur Nurdin Basirun dan Wakil Gubernur Isdianto. Gelar Datok Setia Amanah diberikan kepada Nurdin Basirun, sedangkan Isdianto mendapat gelar Timbalan Datok Setia Amanah.

Pemberian gelar itu berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2 tahun 2018 tentang Istiadat Penambalan Gelar Adat. Penabalan dilakukan, Kamis (3/5) kemarin. “Gelar kehormatan diberikan melalui prosesi adat. Pemimpin sebelumnya juga mendapat gelar yang sama,”kata Ketua LAM Provinsi Kepri, Abdul Razak.

Wagub Isdianto (kiri) dan Gubernur Nurdin Basirun beserta istri

Abdul Razak memimpin prosesi pemberian adat tersebut. Dalam prosesi pemberian gelar itu, Razak memasangkan keris dan tanjak, yang dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar dan ditutup dengan doa. Kata Razak, pemberian gelar ini merupakan amanah yang melekat pada Pemerintah Kepri yang diharapkan dapat memberikan tauladan dan tunjuk ajar bagi masyarakat Melayu. “Semoga datok-datok dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik, dan lancar dalam memajukan kebudayaan melayu di bumi Kepri,”ujarnya.

Sementara, Nurdin Basirun mengatakan gelar dari LAM merupakan amanah yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat Kepri. Dalam kesempatan itu, Nurdin mengimbau seluruh masyarakat mendukung pemerintahan dan memberikan sumbangan pemikiran kepada pemerintahan.
Ia juga minta agar masyarakat mendoakannya dan Wakil Gubernur Kepri Isdianto agar dapat menjalankan amanah dengan baik.**

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here